Apa itu Geomembrane dan Bagaimana Fungsinya ?

Dalam dunia Teknik sipil dikenal material Geosintetik yaitu material yang terbuat dari bahan polymer sintetik yang digunakan pada tanah sesuai fungsi dari masing-masing material geosintetik. Kali ini saya akan membahas salah satu material geosintetik yang memiliki sifat kedap air yaitu Geomembrane.

Geomembrane ini terbuat dari bahan polimer plastic memiliki impermeabilitas yang tinggi dan dilengkapi fitur tahan terhadap sinar UV, suhu tinggi, dan tahan terhadap zat kimia. Oleh karena itu material geomembrane ini banyak digunakan sebagai lapisan untuk kolam limbah, kolam penampungan air, kolam debu batu bara, Kolam tambak, dan Lapisan untuk Tempat pembuangan akhir (TPA).

Di pasar Indonesia sendiri ada tiga jenis Geomembrane yang beredar yaitu Geomembrane HDPE, Geomembrane LDPE, dan Geomembrane PVC

Geomembrane HDPE

Menurut saya Geomembrane HDPE merupakan jenis geomembrane yang paling banyak digunakan di Indonesia, terbuat dari bahan High Density Polyethylene dengan bergam varian ketebalan, fleksibel, dan tidak mudah sobek membuat material ini banyak diaplikasikan sebagai lapisan tambak, kolam limbah, danau buatan, dan TPA di Indonesia.

Geomembrane LDPE

Geomembrane jenis ini tebruat dari bahan dasar Low Density Polyethylene dimana geomembrane LDPE ini memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibanding jenis HDPE sehingga lebih mudah dibentuk, namun memiliki ketebalan lapisan yang lebih tipis dibandingkan jenis lainnya sehingga lebih rentan untuk sobek.

Dalam aplikasinya Geomembran LDPE ini banyak digunakan sebagai cover penutup peralatan konstruksi yang disimpan pada tempat penyimpanan terbuka (open storage).

Geomembrane PVC

Geomembrane jenis ini terbuat dari bahan dasar (polivinil klorida) seperti halnya LDPE jenis PVC ini juga memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dibanding HDPE, namun sepanjang pengalaman jarang sekali orang mencari produk Geommebrane PVC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *